Rabu, 19 September 2012

| 0 komentar

Materi TIK Kelas 8 - Unsur-Unsur Utama Layar Microsoft Word 2007


• Judul Windows

Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum
dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button  minimize, maximize
dan menutup aplikasi word

• Office Button

Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button  yang digunakan
untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar

• Customize Quick Access Toolbar

Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar,
sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut
pada taskbar  sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk
mempercepat pengerjaan.

• Menu

Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.

• Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili
perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut


• Kursor

Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika
kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya
sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.

• Penggulung Teks

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical
dan horizontal.

• Memasukkan Teks

Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada
beberapa
hal yang perlu diketahui:

  • Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama. 
  • Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman. 
  • Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya. 
  • Tekan enter untuk menambah baris kosong. 
  • Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks. 
  • Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini 
  • tampak dalam bentuk huruf I atau panah. 
• Memperbaiki Teks

Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk
menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :

• Menggunakan Mouse

Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area
teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi
yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan
panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu
halaman.




• Menggunakan Keyboard

Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK
dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.


• Menyimpan Dokumen

Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button
pada Toolbar. Akan muncul gambar berikut:
Pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File
name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah
diketik dengan nama Lat1.doc

• Menutup Dokumen

Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya,
mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office
button dan pilih Close.

• Membuka Dokumen

Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan
dialog box berikut:


Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look
in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan
ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah  kembali file Lat1.doc yang sudah
dibuat tadi.


• Keluar dari Word

Click tombol X yang ada di pojok kanan atas window Word maka aplikasi word akan
hilang.

Sumber : http://www.umm.ac.id/files/file/FileDownload/Panduan_Microsoft_Word_2007.pdf



0 komentar: