Rabu, 19 September 2012

| 0 komentar

Materi TIK Kelas 7 - Berbagai Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata


Perangkat Lunak Pengolah Kata adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan,  pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak.

Berbagai Perangkat Lunak Pengolah Kata antara lain :
1. AbiWord
Abiword nama perangkat lunaknya (Abosource), sama halnya dengan Ms.Word, Abiword berfungsi untuk mengolah kata. Menu pada AbiWord mudah untuk digunakan, bila kita sering menggunakanMs.Word tampilan menunya hampir mirip. Selain untuk memproses kata, perangkat lunak ini juga cukupu baik dalam memasukkan sebuah gambar, membuat mail merger, memasukkan nomor halaman, tanggal dan waktu, serta memasukkan tabel. Semuanya hanya dilakukan dengan beberapa kali klik, very user friendly.

2. Lotus Word Pro
Yaitu aplikasi pengolah kata yg dikeluarkan oleh IBM. Kelebihan dari Lotus Word Pro adalah kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan Microsoft Word. Lotus Word Pro juga dapat membuka file-file word dan beberapa aplikasi pengolah kata yg lain.

3. Corel Word Perfect
Merupakan program aplikasi pengolah kata yg dapat dijalankan dikomputer dengan sistem operasi Windows. Kelemahan dari WordPerfect adalah dari segi kebutuhan Hard Ware.

4. Star Office Writer
Adalah aplikasi pengolah kata yg bersifat multiplatform, artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.
Kelebihan dari Star Office Writer adalah mempunyai banyak contoh memo, faks, surat, resume, dan dokumen untuk mempermudah pekerjaan dengan cara memanfaatkan contoh-contoh tersebut. Selain itu harganya murah.

5. Open Office Writer
Adalah aplikasi pengolah kata yg bersifat open source, artinya kita dapat mendownloadnya dari Internet (www.openoffice.org) dan menggunakannya secara gratis.
Kelebihan dari yg lainnya adalah dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, seperti Windows, Linux, Solaris, dan Mac Os.
Writer merupakan aplikasi yg dilengkapi semua fitur yg kita harapkan dari sebuah aplikasi pengilah kata.

6. Microsoft Word
Microsoft word atau sering disebut Ms. Word. Dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar didunia Microsoft Corp. Microsoft Word dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi perkantoran yg lain, yakni Microsoft Excel, Microsoft Access, dan Microsoft PowerPoint.
Word merupakan program pengolah kata yg paling sering digunakan karena Word memupunyai kemampuan yg sangat andal untuk membuat berbagai jenis dokumen.
Kelebihan-kelebihan dari Word adalah kemampuannya untuk menyisipkan objek-objek dari aplikasi lain.
Kelemahan pengolah kata Wordadalah harganya mahal.

Sumber : http://nanpunya.wordpress.com/2009/03/22/perangkat-lunak-pengolah-kata/

0 komentar: