Selasa, 25 September 2012

| 0 komentar

Materi TIK Kelas 8 - Membuat dan Mengedit Naskah Microsoft Word 2007

MEMBUAT NASKAH

A. Memulai Pembuatan Naskah

  • Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
  • Aturlah Margin lembar kerja
  • Ketiklah naskah yang diinginkan

B. Mengatur Setting Halaman ( Margin Dan Ukuran Kertas )

  1. Klik Page Layout


  • Klik Tab Margin
  • Pilih bentuk margin yang diinginkan
  • Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin dan tentukan:








  1.  Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
  2. Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
  3. Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
  4. Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
  5. Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
  6. Gutter Position : Letak gutter.
  7. Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait
  8. (memanjang) dan Landscape (melebar).
  9. Preview : Tampilan layar Word.
    2. Paper Size

  1. Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
  2. Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size
Contoh : A4, Legal, dll.


  • Width : Menentukan ukuran lebar kertas.
  • Height : Menentukan ukuran tinggi kertas.











C. Tata Cara Penulisan

  • Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
  • Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
  • Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
  • Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
  • Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
  • Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
  • Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
  • Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
  • Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
  • Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.

D. Pengaturan Perataan Teks

Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:

Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan

E. Memformat Karakter Huruf Pada Naskah

  • Dari menu Format – Font
  • Font : Pengaturan huruf.

  1. Font : Memilih jenis huruf. Contoh : Arial, Tahoma, dll.
  2. Font Style : Bold (Memilih ketebalan huruf), Italic (Memiringkan huruf),
  3. Underline (Memilih garis bawah pada huruf).
  4. Size : Memilih ukuran huruf.
  5. Font Color : Memilih warna huruf.
  6. Underline Style : Memilih bentuk dan ketebalan garis bawah huruf.
  7. Underline Color : Warna garis bawah huruf.
  8. Effects : Menentukan efek cetak huruf.


Atau kita bisa mengatur format teks dari icon Toolbar Formatting.


  1. Font : Memilih jenis huruf (Ctrl + Shift + F).
  2. Font Size : Memilih ukuran huruf (Ctrl + Shift + P).
  3. Bold : Huruf cetak tebal (Ctrl + B).
  4. Italic : Huruf cetak miring (Ctrl + I).
  5. Underline : Menggaris bawahi huruf (Ctrl + U).
  6. Font Color : Mewarnai huruf.



MENGEDIT NASKAH
A. Membuat Block Pada Teks

  • Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( ) ke awal kata / kalimat.

Atau bisa menggunakan Mouse

  • Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
  • Lepas klik mouse tersebut , Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela dokumen.


B. Mengcopy Kata / Kalimat

  • Block kata / kalimat yang akan di-copy
  • Klik icon Copy atau dengan tombol Ctrl + C
  • Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
  • Klik icon Paste atau dengan tombol Ctrl + V

C. Memindahkan Kata / Kalimat

  • Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
  • Klik klik icon Cut atau dengan tombol Ctrl + X
  • Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
  • Klik icon Paste atau dengan tombol Ctrl + V

D. Membatalkan Perintah

Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan,
pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
  • Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
  • Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan

E. Change Case

  • Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
  • Klik menu Home – Change Case

       o Sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
       o lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
       o UPPERCASE : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
       o Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
       o tONGLE cASE : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil

F. Find, Replace, and Go To
  1. Find (Mencari)


  • Klik icon atau tekan tombol Ctrl + F
  • Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What
  • Klik Find Next untuk mencari
  • Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace

    2. Replace (Mengganti)

  • Klik icon atau tekan tombol Ctrl + H
  • Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What
  • Ketik kata pengganti di kotak Replace With
  • Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu kata saja)
  • Tutup jendela tampilan Find and Replace

    3. Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu)

  • Klik icon atau tekan tombol Ctrl + G
  • Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number.
  • Lalu klik Next


Sumber : http://www.umm.ac.id/files/file/FileDownload/Panduan_Microsoft_Word_2007.pdf










0 komentar: