Rabu, 10 Oktober 2012

| 0 komentar

Materi TIK Kelas 8 - Operasi Awal Microsoft Excel 2007


PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) PENGOLAH ANGKA

1. Mengenal Microsoft Office Excel 2007
Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh
Microsoft corp, yaitu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft
Excel dikeluarkan dalam satu paket bersamaan dengan aplikasi Office lainnya.
Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet
yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi
Microsoft Windows dan Mac OS.

Memulai/ Mengaktifkan Microsoft Office Excel 2007
Memulai Microsoft Office Excel 2007 bisa dilakukan dengan melalui
menu Start atau melalui tampilan desktop, Berikut ini ditampilkan beberapa cara
memulai/ mengaktifkan Microsoft Office Excel 2007:

Melalui menu Start, ikuti langkah-langkah berikut ini:
Klik Start
Pilih All Program
Pilih Microsoft Office
Klik Microsoft Office Excel 2007

Melalui tampilan Desktop (pilih salah satu cara di bawah ini):

Cara I : Doule klick icon Microsoft Office Excel 2007

Cara II : - Klick icon Microsoft Office Excel 2007
              - Tekan enter

Cara III : - Klick kanan mouse pada icon Microsoft Office Excel 2007
               - Pilih Open

Istilah-istilah :
Column : adalah lajur yang memanjang dari atas ke bawah (vertical),
setiap column memiliki judul dengan huruf, contoh column A,
column B, dst.

Row : adalah lajur yang memanjang dari kiri ke kanan (horizontal),
setiap row (baris) memiliki judul dengan angka, contoh baris ke-
1, baris ke-2, dst

Cell : adalah perpotongan antara kolom dan baris, sehingga nama
cell merupakan gabungan nama kolom dan baris, contoh cell B2,
C3, F4, dst.

Mengenal Bagian-bagian Lembar sebar

Gambar 1. Jendela Aplikasi Excel

Ketika Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (workbook) kosong akan
terbuka, siap untuk digunakan. Buku kerja baru tersebut terdiri dari 3 lembar kerja
(Sheet) yang diwakili melalui tab lembar kerja (tab sheet) yang terletak di jendela
aplikasi paling bawah. Jumlah Sheet dalam tiap workbook dapat ditambah atau
dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Tiap lembar kerja dalam buku kerja, terdiri dari
256 kolom dan 65536 baris. Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C, dst, sedangkan
baris diwakili oleh angka 1, 2, 3, dst, Sampai 65536. perpotongan antara baris dan
kolom disebut Cell. Cell diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya.
Contohnya Cell C5 adalah perpotongan antara kolom C dan baris 5.
Agar dapat bekerja dengan Lembar sebar dengan lebih efektif, maka harus
mengerti terlebih dahulu tentang konsep yang digunakan dalam lembar sebar yaitu:
Konsep Workbook. Workbook merupakan kumpulan dari sheet sedangkan
lembar kerja yang terdapat dalam sheet disebut worksheet.
Agar lebih mudah dalam pemahaman, bayangkan saja Workbook itu sebuah
buku tulis, dimana setiap buku terdiri dari beberapa halaman untuk menulis. Menulis
dihalaman 1 ( sheet 1 ), halaman 5 ( sheet 5 ), halaman 10 ( sheet 10 ) dan seterusnya.
Bukunya disebut Workbook dan halaman-halamannya disebut Sheet, dan halaman
tempat menulis disebut dengan Worksheet.

Membuka Buku Kerja Baru
Apabila ingin membuka buku kerja (file) yang baru yang masih kosong, dapat
dilakukan dengan memilih menu Office button, kemudian pilih New atau dengan
menekan Ctrl+N (tekan tombol Ctr bersamaan dengan tombol huruf N)
Apabila memerlukan lembar kerja yang baru pada buku kerja yang sedang
digunakan, cukup dilakukan dengan cara memilih tabulasi sheet yang terletak
dibawah lembar kerja, yang namanya Sheet 1, Sheet 2, Sheet 3, dst.

Membuka Buku Kerja yang Pernah Disimpan
File buku kerja yang telah tersimpan dapat dibuka dengan langkah berikut :

  • 1. Pilih menu Office button, pilih Open atau tekan Ctrl + O , hingga tampil kotak dialog open.
  • 2. Klik Drive untuk memilih drive tempat data tersimpan
  • 3. Klik salah satu file, misalnya Alat
  • 4. Klik Open untuk membuka File dengan nama Alat.

Menutup Lembar Sebar
Klik tombol close (tombol X)

yang terdapat paling sudut kanan atas jendela lembar sebar tersebut. Jangan salah dengan tombol X kedua. Klik yes jika ingin menyimpan dokumen dan klik no jika tidak ingin menyimpan.

 Atau menutupnya melalui menu Office button :
1. Klik menu Office button
2. Klik Close, maka akan muncul pertanyaan apakah file akan disimpan sebelum ditutup.
3. klik yes jika ingin menyimpan dokumen dan klik no jika tidak ingin menyimpan dokumen.

Keluar dari Lembar Sebar
Untuk mengakhiri bekerja dengan lembar sebar, langkahnya pilih menu Office
button, kemudian klik Exit word ; kalau buku kerja telah diadakan perubahan maka
akan tampil kotak dialog seperti di atas.

Sumber : https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:zBnJhaQesx0J:bintangjenius.files.wordpress.com/2010/01/pengolah-angka-2007.doc+&hl=id&pid=bl&srcid=ADGEEShg2_9mGsu1o0QtPT1FiSCczd2CzIzib2FNWQt0Ma9bGwJ3r_eIYApwG1oD_MqssdzuWi4VlfSUbupuKTTEF8IGVSUAFW8hQZwju1ydw8yiHxmXJL_sHYp4lOYmJ3iYM55IcKWf&sig=AHIEtbTAqpZtLLnY515-mqCfxZC-uHA2kA

0 komentar: