Rabu, 10 Oktober 2012

| 0 komentar

Materi TIK Kelas 8 - Mengatur Worksheet Microsoft Excel 2007


MENYISIPKAN DAN MENGHAPUS WORKSHEET, KOLOM DAN BARIS

1.Menyisipkan Worksheet, Kolom, dan Baris pada Lembar Kerja.

a. Menyisipkan Worksheet

Untuk menyisipkan Workshet, langkah yang harus kita lakukan adalah:
1) Klik pada salah satu sheet.
2) Klik tanda panah dropdown dari ikon Insert pada groups Cells di Ribbon Menu Home.
3) Klik Insert Sheet. Maka akan muncul Sheet 4 seperti tampak pada gambar 6.2
Gambar 6.1 Proses menambahkan Worksheet baru.












b.Menyisipkan Kolom

Untuk menyisipkan Kolom, langkah yang harus kita lakukan adalah:
1) Klik pada salah satu cel pada kolom yang akan disisipkan (contoh: cel E3).













2) Klik tanda panah dropdown dari ikon Insert pada groups Cells di Ribbon Menu Home.
3) Klik Insert Sheet Columns. Maka data pada kolom E akan bergeser ke kanan dan muncul kolom baru / kosong di kolom E.











c. Menyisipkan Baris

Untuk menyisipkan Baris, langkah yang harus kita lakukan adalah:
1) Klik pada salah satu cel pada kolom yang akan disisipkan (contoh: cel C6).
2)Klik tanda panah dropdown dari ikon Insert pada groups Cells di Ribbon Menu Home.
3)Klik Insert Sheet Rows. Maka data pada baris 6 akan bergeser ke bawah dan muncul baris baru / kosong di kolom baris 6.

2.Menghapus Worksheet, Kolom, dan Baris pada Lembar Kerja.
a. Menghapus Worksheet

Untuk menghapus Workshet, langkah yang harus kita lakukan adalah:
1) Klik pada salah satu sheet yang akan dihapus (contoh Sheet 4).
2) Klik tanda panah dropdown dari ikon Delete pada groups Cells di Ribbon Menu Home.
3) Klik Delete Sheet. Maka Sheet 4 akan hilang.



b.Menghapus Kolom

Untuk menghapus Kolom, langkah yang harus kita lakukan adalah:
1) Klik pada salah satu cel pada kolom yang akan disisipkan (contoh: cel E3).
2)Klik tanda panah dropdown dari ikon Delete pada groups Cells di Ribbon Menu Home.


3)Klik Delete Sheet Columns. Maka data pada kolom E akan bergeser ke kanan dan muncul kolom baru / kosong di kolom E.
c. Menghapus Baris

Untuk menghapus Baris, langkah yang harus kita lakukan adalah:
4) Klik pada salah satu cel pada baris yang akan disisipkan (contoh: cel C6).

5)Klik tanda panah dropdown dari ikon Delete pada groups Cells di Ribbon Menu Home.
6)nKlik Delete Sheet Rows. Maka data pada baris 6 akan bergeser ke bawah dan muncul baris baru / kosong di kolom baris 6.











0 komentar: